Pesona Banjarnegara yang Bisa Membuat Kamu Jatuh Cinta

Post a Comment
Ayo Wisata ke Banjarnegara, kota yang dilewati sungai serayu yang mengalir dari timur ke barat dengan topografi wilayah sebagian besar merupakan wilayah dataran tinggi. Kamu harus tahu bahwa Banjarnegara memiliki segudang pesona yang akan bisa membuatmu jatuh cinta dengan kota ini jika kamu mengunjunginya.

Yap, mari simak hal-hal apa saja yang akan bisa membuat kamu jatuh cinta dengan Banjarnegara, dan beberapa poin berikut ini bisa menjadi alasan-alasan yang membuat kamu wajib untuk bikin agenda wisata ke Banjarnegara.

Segudang Destinasi Wisata yang Dapat Kamu Jumpai di Banjarnegara

komplek Candi Arjuna. via dieng.id
Dieng,~ Siapa yang tidak tahu pamor dataran tinggi Dieng yang sering digembor-gembor sebagai kampung surga para dewa. Dieng bagian barat (Dieng Kulon) menjadi wilayah terluas dari dataran tinggi Dieng yang secara administratif terbagi menjadi dua wilayah; Dieng Kulon masuk dalam wilayah Banjarnegara dan Dieng Wetan masuk dalam wilayah Wonosobo. Negeri di atas awan ini punya segudang destinasi yang harus ada dalam to do list kalender wisatamu. Lihat saja Candi Arjuna salah satu candi beraliran hindu shiwa yang tertua di pulau jawa, Telaga Dringo yang mirip dengan Ranukumbolo, Padang Savana Pangonan, dan masih banyak lainnya dari Kawah Sikidang, kawah Candradimuka sampai Air terjun Genting dan Mrawu di Desa Giritirta Pejawaran.
mengarungi arus gelombang sungai serayu. via banyuwong.com
Arung Jeram Serayu,~ Bagi kamu yang suka dengan wisata Adrenalin, kamu harus coba arung jeram di Sungai Serayu. Sungai yang memiliki jeram terbaik dan bervariatif diantara sungai-sungai lainnya di Jawa Tengah, dengan grade/tingkat class 3+ (tiga plus) arung jeram di sungai serayu bisa untuk kamu yang masih pemula maupun yang sudah profesional. disisi lain, sembari beraksi kamu bakal dimanjakan dengan keindahan alam sepanjang sungai serayu yang masih asri. nah, silahkan stalking-stalking lebih banyak di web banyuwong.com.

menikmati keindahan alam sepanjang sungai blimbing sambil uji adrenalin. via IG @curugblimbingadventure
River Tubing Sungai Blimbing,~ tidak kalah dengan arung jeram serayu juga ada river tubing loh, menyusuri sungai blimbing di desa Blambangan, lagi lagi kamu akan dimanjakan dengan keindahan Alam yang luar biasa. Wisata yang tergolong masih baru ini pasti akan membuatmu ketagihan. coba saja kepooin galeri fotonya di instagarm @curugblimbingadventure

di Banjarnegara juga ada event-event yang instagramable dan romantis!


Dieng Culture Festival (DCF) merupakan event terdekat yang menjadi incaran para traveler. DCF akan diselenggarakan pada tangga 5, 6, 7 Agustus 2016, dan pada tahun ini menjadi event ke-7 yang akan mengusung tema bertajuk "The Soul Of Culture". Ragam acara dari Jazz Atas Awan, Kirab Budaya, sampai Ruwat Rambut Gembel menjadi yang paling dinanti. Jangan heran kalau banyak temen kamu yang sudah mengagendakan cuti kerja beberapa bulan sebelumnya untuk datang dan mengikuti rangkaian acara DCF. "Yakin kamu gak mau dateng?" sama pacar? atau bisa jadi yang masih jomblo malah ketemu jodoh disana lho. :D Cek dieng.id atau pantau terus akun official twitter @FestivalDieng untuk update informasi lengkap tentang event Dieng Culture Festival.

Mirip dengan DCF, tahun lalu sudah diselenggarakan event pesta budaya rakyat Gumelem Ethnic Carnival, tidak kalah meriah dengan DCF, ragam acara seperti Kirab Projo Gumelem, Keroncong Serayu, Batik Gumelem Street Fashion Show, Ujungan Art Performance, Bukak Sitik Jazz, Wayang Jemblung, Lengger Lanang telah memberi pesona kepada sepasang mata pecinta seni dan budaya. Meskipun event ini sudah lewat, jangan cemas karena kedepan event ini akan menjadi agenda rutin di desa Gumelem, Banjarnegara. Pantengin terus akun official twitternya di @GumelemEthnic

Bagi kamu pencinta durian ada juga event Festival Durian, tapi kamu harus menunggu sampai musim durian datang lagi karena event ini sudah diselenggarakan pada bulan Januari 2016 lalu. Ada pula Festival Serayu Banjarnegara yang diadakan 2 tahun sekali di sungai serayu, dan tentunya masih banyak event-event yang menarik lainnya.

Kuliner khas Banjarnegara yang pastinya akan memanjakan lidah Kamu

Segarnya es dawet ayu Banjarnagara. via IG @satriomb_
Nah, setelah kamu nge-trip ke beberapa destinasi wisata dan mengikuti event di Banjarnegara, jangan sampai terlewat untuk mencicipi daftar kuliner Banjarnegara ini ya; Buntil Khas Banjarnegara, Soto Khas Banjarnegara, Bakso Ketupat, Tempe Mendoan, Salak Pondoh, Es Dawet Ayu, Purwaceng, Manisan Carica, dan bagi kamu pecinta kopi ada pula single original arabica ratamba Pejawaran.

Jadi nunggu apa lagi? Siapkan kalender travelling-mu, datang dan jamahlah untuk mencintai Banjarnegara.

Related Posts

Post a Comment