Think Again, side jobs untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Post a Comment
Berpikir ulang dalam menerima project sebagai side jobs untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apa maksutnya? yups, sebagian besar karyawan saat ini memiliki side jobs untuk mendapatkan pemasukan tambahan bagi mereka. Lalu kenapa harus berpikir ulang, ketika memutuskan untuk mengerima sebuah project sebagai side jobs kamu harus benar-benar memiliki perhitungan yang matang, dari segi manajemen waktu, resiko dan hasil yang akan dicapai. karena jika sampai salah atau hanya karena kamu asal terima project, jangan-jangan bukan untung yang kamu dapatkan tapi malah kerugian.

Thing Again, side jobs untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Oke, jadi apa yang harus dipikirkan sebelum kamu menerima project sebagai side job mu. Saya ingin sharing dari pengalaman pribadi. Suatu saat saya menerima project yang tidak tergolong besar menurut saya, dan saya pikir saya bisa mengatur waktu untuk mengerjakan project tersebut. tapi, namanya bisnis itu terdiri dari beberapa unsur; Saya sebagai penjual, ada subject (jasa/ benda) yang dijual, dan ada pembeli. nah saya dan subject jual (dalam hal ini yang saya jual adalah jasa) bisa sepenuhnya dalam kontrol saya, tapi pembeli adalah raja broo... berhak sepenuhnya mengontrol apa yang dia inginkan. dan kesalahan saya adalah tidak membuat aturan main. Ketika yang saya pikirkan dan perkirakan sudah selesai nyatanya seringkali masih banyak permintaan tambahan dari pihak pembeli. Jadi ingat!, buat aturan main dan batasan-batasan supaya pembeli tidak terlalu banyak memiliki permintaan tambahan.

Ada kalimat yang bunyinya "take a risk or nothing" ambil resiko atau kamu tidak mendapatkan hasil apa apa, eitch... jangan diartikan segampang itu kali. Seorang ahli lebahpun tidak akan memanen madu dari sarang lebah jika hanya dengan tangan kosong. Kamu harus tau kapasitas project yang ditawarkan, jika sekiranya project itu terlalu besar dan hanya akan memperburuk aktifitas rutin kerjamu maka kamu harus pikirkan dengan sangat matang untuk menerima project tersebut. Semua waktumu hanya akan tersita untuk memikirkan pekerjaan tetapmu dan juga side job mu, atau bahkan bisa berefek pada menurunnya performa dipekerjaan tetapmu. tipsnya mending lempar aja project itu ke pihak lain yang lebih mumpuni dan buat kesepakatan untuk berbagi keuntungan. kamu dapat untung tanpa harus bekerja keras mengerjakan project sendiri meskipun lebih sedikit untungnya.

semoga kamu bisa lebih cermat dalam menerima project sebagai side jobmu.

Related Posts

Post a Comment